Paragraf
deduktif
Ada beberapa
penyebab kemacetan di Jakarta. Pertama, jumlah armada yang banyak tidak seimbang
dengan luas jalan. Kedua, kedisiplinan pengendara kendaraan sangat minim.
Ketiga, banyak tempat yang memunculkan gangguan lalu lintas, misalnya pasar,
rel kereta api, pedagang kaki lima, halte yang tidak difungsikan, banjir, dan
sebagainya. Keempat, kurang tegasnya petugas yang berwenang dalam mengatur lalu
lintas serta menindak para pelanggar lalu lintas.
Paragraf
induktif
Pada waktu
anak didik memasuki pendidikan formal, pendidikan bahasa Indonesia secara
metodologis dan sistematis bukanlah merupakan halangan baginya untuk memperluas
dan memantapkan bahasa daerah. SEtelah anak didik meninggalkan kelas, ia
kembali mempergunakan bahasa daerah dengan teman-temannya atau orang tuanya. ia
merasa lebih intim dengan bahasa daerah. jam sekolah hanya berlangsung selama
beberapa jam. Baik waktu istirahat ataupun diantara jam-jam pelajaran,
unsur-unsur bahasa daerah tetap digunakan. Ditambah lagi jika sekolah itu
bersifat homogen dan gurunya penutur asli bahasa daeah itu. Faktor-faktor
inilah yang menyebabkan pengetahuan si anak terhadap bahasa daerahnya akan
tetap maju.
Paragraf campuran
Rasa hormat
terhadap peraturan itu selalu mengalami perkembangan. Anak kecil sampai kira kira
berumur delapan tahun memiliki rasa hormat bercampur rasa takut terhadap
peraturan. Bagi anak peraturan ini bersifat mistis dan tidak tahu dari mana
peraturan itu datang. Saat ini anak belum ada pengalaman yang memadai untuk
merumuskan peraturan sehingga tidak dapat lain peraturan harus dipandang
sebagai sesuatu yang suci dan tidak dapat diganggu gugat. Sementara itu , untuk
mencapai otonomi, seorang anak harus keluar dari tahap heteronomi. Cara
mencapainya adalah melalui aktivitas- aktivitas kokoperatif dalam hubungan
saling menghormati dan tidak terdapat hubungan otoritas. Arah perkembangan
rasa hormat kepada peraturan itu adalah mengerti peraturan – peraturan secara
otonom dan melaksanakannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar